header-int

Dalam Rangka Peringatan Hari Bela Negara Ke-73 Uniska Melaksanakan Upacara Secara Virtual

Selasa, 21 Des 2021, 13:19:46 WIB - 133 View
Share

Pelaksanaan Upacara Virtual dalam Rangka Pembinaan Rektor dan Peringatan Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021

Sebagai upaya memupuk rasa nasionalisme, mempererat ikatan tali silaturahmi antar civitas akademika Universitas Islam Kadiri, dan memperingati hari bela negara ke-73 tahun 2021, Lembaga Pendidikan Karakter Universitas Islam Kadiri melaksanakan upacara virtual pada hari Senin tanggal 20 Desember 2021 dengan mengusung tema “Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Acara yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Uniska Kediri Official berlangsung khidmat dan lancar. Upacara secara virtual diikuti oleh seluruh civitas akademika Uniska Kediri baik mahasiswa, dosen maupun karyawan. Bertindak sebagai pembina upacara, Bapak Wakil Rektor III; Dr. H. Naim Musafik, S.H., MH., M.Pd., Melalui sambutannya pembina upacara menyampaikan bahwa pelaksanaan upacara peringatan hari bela negara ini merupakan wujud dari visi dan misi UNISKA sebagai kampus cinta tanah air.

Semangat bela negara harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, mengingat makin beragamnya acaman yang bertujuan memecah belah persatuan bangsa.  Dewasa ini yang paling penting adalah aktualisasi nilai bela negara dan perjuangan para pahlawan dalam kehidupan nyata.

Sebagai penerus perjuangan pahlawan seyogyanya harus memiliki sifat tangguh sesuai dengan amanat pemerintah yang diusung menjadi tema peringatan hari bela negara ke-73 tahun 2021 yaitu semangat bela negaraku Indonesia Tangguh Indonesia tumbuh.  

Selaku insan akademik, tantangan persatuan dan kesatuan negara bukanlah perang secara fisik melawan penjajah, akan tetapi aktualisasi peran sebagai akademisi untuk mencerdasakan anak bangsa melalui bidang Pendidikan. Perlu diketahui bahwa dengan Pendidikan yang berkualitas maka diikuti dengan meningkatnya indeks kesejahteraan. Untuk itu sebagai bentuk sikap bela negara di kampus semangat juang membangun NKRI dapat ditunjukkan dengan upaya meningkatkan pemeringkatan universitas.

Pada tahun ini UNISKA mendapatkan urutan ke-162 nasional pada pemeringkatan SIMKATMAWA, artinya mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang berada pada urutan ke-262. Selain pemeringkatan SIMKATMAWA, bahwa kualitas universitas juga ditentukan dari ketercapaian 9 Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi dan peringkat akreditasi.

Pembina upacara menutup sambutannya dengan memberikan harapan agar civitas akademika focus pada tiga hal tersebut. (AP 2021)

Lampiran Dokumentasi :

 

Video Terkait:


Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2022 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube