header-int

Penandatanganan MoU Antara Universitas Islam Kadiri Kediri Dengan British Council EnglishScore

Rabu, 15 Des 2021, 19:42:35 WIB - 495 View
Share

Penandatanganan MoU Antara Universitas Islam Kadiri Kediri

Dengan British Council EnglishScore

 

Untuk lebih memantapkan kembali program internasionalisasi dalam mendukung pelaksanakaan MBKM sesuai arahan Mendikbud Ristek, Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri menjalin kerjasama dengan British Council dalam penyelenggaraan beberapa program ke depannya guna peningkatan kapasitas mahasiswa dan dosen di UNISKA Kediri dalam berbahasa Inggris dan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar mata kuliah. Rektor UNISKA Kediri, Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si menyampaikan bahwa beberapa program direncanakan untuk dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan peluang bagi lulusan UNISKA Kediri untuk dapat menemukan pekerjaan yang lebih baik dengan memberikan sertifikat EnglishScore yang diakui secara internasional. Adapun langkah awal yang perlu dilakukan adalah memberikan legalitas bagi Lab Bahasa UNISKA Kediri untuk mengadakan Test Bahasa Inggris yang dikelola English Score, sehingga dengan adanya ini harapannya bahwa Lab Bahasa UNISKA Kediri memiliki satu test kemampuan Bahasa Inggris terstandar International serta diakui secara International.

Penandatanganan MOU ini dilakukan pada Kamis, 02 Desember 2021 pukul 11.00 – 13.00 WIB secara daring dan luring dengan sistem desk to desk, dihadiri oleh Michael Curry (CEO EnglishScore), Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si (Rektor UNISKA Kediri), Charlie Bragg (Head of Marketing English Score), Will Savile (Head of Partnership EnglishScore), Tony Gunawan (Country Manager Indonesia), Dr. Supriyono, SP. MP (Vice Rector I), Dr. Eko Widodo, Drs. Ec. MM. (Vice Rector II), Dr. H. Moh. Naim Musyafik, SH. MH. M.Pd. (Vice Rector III), H. Khayatudin, SH. M.Hum. (Vice Rector IV), Wildan Isna Asyhar, S.Pd. M.Pd (Head of English Laboratory), dan Kristanti Yuntoro Putri, S.Pd. M.Pd (Head of Cooperation Affair).

Direktur Pelatihan dan Pengembangan, British Council, Michael Little menyampaikan bahwa beberapa program yang akan dijalankan nantinyadapat membantu para akademisi dalam menggunakan media berbahasa Inggris. Serta mengembangkan keterampilan para mahasiswa dan dosen selama proses perkuliahan dan dapat menciptakan mahasiswa yang berkualitas dan unggul sehingga memudahkan para lulusan dalam pencarian kerja.

Michael juga mengungkapkan bahwa EnglishScore merupakan lembaga International English Testing Institution dimana mereka melakukan test Bahasa Inggris secara daring atau online yang dimiliki oleh British Council. Program EnglishScore akan memberikan manfaat untuk para dosen, program ini juga akan memberikan manfaat tersendiri bagi mahasiswa. Selain mahasiswa dapat menjalani proses mengajar yang efektif, harapannya mahasiswa juga dapat lebih berkembang khususnya dalam skill berbahasa Inggris dan memahami mata kuliah yang berbahasa Inggris. Dengan adanya legalitas bagi Lab Bahasa UNISKA Kedirimaka Bahasa Inggris civitas akademika UNISKA Kediri akan terstandar International serta diakui secara International.

EnglishScore sendiri, Michael menjelaskan, adalah program yang dikembangkan bersama antara British Council dengan University of Oxford dan didesain untuk mendukung para dosen di perguruan tinggi yang mengampu mata kuliah dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. “Ini sangat membantu terutama untuk dosen yang mengajar kelas multilingual. Program ini dapat membantu dosen untuk mendesain dan menyampaikan mata kuliah dalam bahasa Inggris dan memenuhi kebutuhan linguistic mahasiswa,” ujar Michael.

Program EnglishScore yang akan diberlakukan di UNISKA Kediri ini tidak hanya memfokuskan pada peningkatan kapasitas berbahasa Inggris bagi para dosen UNISKA Kediri. Namun, juga mencakup metode pengajaran menggunakan bahasa Inggris. Sehingga para dosen tidak akan diberikan pre-test dan post-test English maupun target pencapaian nilai IELTS. (ARH 2021)

Lampiran Foto : 

Video Terkait:


Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2022 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube