header-int

RAKERNAS KE-2 DAN DIES NATALIS KE-3 SASPRI SUKSES DILAKSANAKAN DI UNISKA

Jumat, 19 Nov 2021, 06:51:03 WIB - 306 View
Share

RAKERNAS KE-2 DAN DIES NATALIS KE-3 SASPRI SUKSES DILAKSANAKAN DI UNISKA

 

Rapat Kerja Nasional atau dikenal dengan RAKERNAS ke-2 SASPRI dengan tema “Mewujudkan Organisasi Peternak Rakyat Yang Kredibel Dan Akuntabel”  telah sukses dilaksanakan di UNISKA pada hari Senin tanggal 15 November 2021 mulai jam 08.00 sampai dengan selesai di aula UNISKA baik offline dengan undangan terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan dan melalui zoom yang disiarkan langsung melalui youtube. Sebelumnya pada hari Minggu tanggal 14 November telah diselenggarakan Pra Rakernas yang dihadiri oleh beberapa stakeholder diantaranya dari SASPRI Nasional, IPB, dan undangan lainnya, di Ruang Rapat Rektoriat UNISKA dari jam 19.00 sampai dengan selesai. Pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik karena dipersiapkan dengan matang Panitia gabungan dari IPB dan UNISKA. Panitia mulai bekerja sejak sebulan yang lalu, tim mulai bekerja intensif  mendekati hari pelaksanaan RAKERNAS kedua.

RAKERNAS dibuka oleh Bupati Kediri yang diwakili oleh Sekda Kediri. Sambutan RAKERNAS dibuka oleh Ketua Panitia Bapak Dr. Didik Rudiono selaku Ka. LPPM dilanjutkan dengan oleh Wali Utama Prof. Muladno dan rektor UNISKA sebagai tuan rumah oleh Prof. Ali Maschan Musa, M.Sc. Pelaksanaan kegiatan  ini melibatkan beberapa stakeholder tetapi terdapat tiga komponen utama, yaitu : dari Pengurus Pusat SASPRI maupun wilayah,  IPB dan UNISKA unik dan menarik. Uniska menjadi lokasi baik RAKERNAS ke-1 dan saat ini RAKERNAS ke-2. Bagi UNISKA RAKERNAS SASPRI mempunyai arti penting. Hal ini merupakan kehormatan bagi Uniska sebagai  bentuk kepercayaan dari komunitas SASPRI. Yang kedua adalah proses transfer knowledge dari manajemen di IPB ke manajemen di UNISKA. Di wilayah Uniska saat ini sudah ada Sekolah Peternak Rakyat (SPR)  binaan IPB yang sekarang sudah lulus standarisasi dan kinerja yang sangat bagus.

Substansi dari penyelenggaran kegiatan Pra RAKERNAS adalah laporan kinerja dari setiap wilayah, hal itu dibahas oleh 9 orang (Nine Brain Connection) atau disingkat NPC. 9 NPC merupakan para pendiri SASPRI. Wilayah kerja SASPRI berada di seluruh Indonesia. Komunikasi terjalin dengan baik antarwilayah dalam  melakukan diskusi setelah itu dievaluasi. Rapat persiapan untuk kesuksesan kegiatan tersebut dilakukan intens melalui zoom.

SASPRI diperuntukkan bagi peternak rakyat Indonesia  yaitu dengan konsep SPR atau Sekolah Peternak Rakyat. Tujuannya adalah peternak yang ada di Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia  diajarkan untuk berusaha secara berjamaah hingga pada akhirnya menjadi peternak mandiri dan berdaulat ketika sudah lulus Sekolah Peternak Rakyat dan SASPRI.

Pada kegiatan tersebut tidak hanya rapat kerja tetapi juga penganugrahan AWARD untuk pemegang Sertifikat Weania terbaik 2021 oleh Ketua Tim Serfitikasi Trihadi Saptohadi. RAKERNAS kali ini berbeda dengan sebelumnya karena dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UMKM bapak Teten Masduki sebagai keynote speaker. Dilanjutkan presentasi tentang program 1000 desa sapi di Indonesia oleh Dirjen PKH. Hal ini menarik sekali dengan program 1000 desa sapi, para peternak diperhatikan oleh pemerintah dan membuat para peternak akan lebih giat lagi sehingga dapat membentuk kemandirian peternak.

Setelah pembukaan sesi berikutnya para peserta diarahkan untuk masuk ke meeting room melalui breakout room zoom meeting untuk penyampaian kinerja kawasan. Pada room 1 ini dihadiri oleh perwakilan dari Bojonegoro, Kediri, Muara Enim, Oki dan Kotawaringin Barat. Pada room 2 di moderator oleh Bapak Agik Suprayogi dengan penanggung jawab Doni, dihadiri oleh perwakilan dari Bojonegoro, Jombang, Muara Enim, Banyuasin dan Barito Kuala. Penutupan dihadiri oleh semua peserta. Pada room 3 dihadiri oleh perwakilan dari Bojonegoro, Subang, Muara Enim dan Bungo

Inovasi SASPRI kali ini adalah kajian tentang perizinan usaha pakan dan pemasaran sapi berbasis IT. Pada penutupan kegiatan dilakukan penganugerahan NBC Award 2021 untuk peserta terbanyak mengikuti kegiatan DUO SPR SASPRI, presentasi terbaik SASPRI Kawasan, Kemitraan terbaik, Tim SATGAS Mandiri dan Tim Sebaya Terbaik. Ekspektasi SASPRI untuk tahun 2021 diantaranya adalah implementasi sertifikasi di 6 SASPRI Kawasan, mewujudkan kemandirian organisasi SASPRI dan organisasi berbasis IT di SASPRI

Kesan UNISKA terhadap SASPRI dalam acara RAKERNAS ini yaitu SASPRI telah memberikan back up kepada Uniska dari A sampai Z, SASPRI mengirimkan tim yang terdiri anak-anak muda yang mentalitas dedikasi dan militan luar biasa ketika bekerja bersama untuk suksesnya penyelenggaran kegiatan tsb. Sebagai suatu tim kerja mereka menunjukkan kinerja yang sangat luar biasa tidak ada kata menyerah dan tidak ada kata lelah dan ini menjadi contoh yang baik bagi UNISKA dengan ikut serta melibatkan mahasiswa.

Berikut adalah dokumentasi UNISKA melibatkan tim IT selama kegiatan Pra Rakernas maupun RAKERNAS.

PRA RAKERNAS yang dihadiri oleh PROF. MULADNO dari IPB

Penyerahan Cindera Mata dari Uniska ke SASPRI

Pelaksanaan RAKERNAS melalui zoom dan live streaming di Youtube

Sambutan oleh PROF. MULADNO dari IPB

Sambutan oleh Bapak Rektor Uniska Prof. Ali Maschan Moesa

Sumber : Didik Rudiono

Video Terkait:


Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2022 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube