header-int

Resmikan Panitia PMB Periode 2022, Rektor UNISKA KEDIRI Sampaikan Harapan Khusus

Rabu, 15 Des 2021, 17:40:45 WIB - 154 View
Share

Resmikan Panitia PMB Periode 2022, 

Rektor UNISKA KEDIRI Sampaikan Harapan Khusus

 

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Kadiri (UNISKA) Kediri Periode 2022 secara resmi telah dibuka. Pembukaan tersebut ditandai dengan Pelantikan dan Penyerahan Surat Keputusan (SK) Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNISKA Kediri Tahun 2022. Pelantikan Panitia dan Pembukaan PMB tersebut dilakukan oleh Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si selaku Rektor UNISKA Kediri dengan menyerahkan langsung secara simbolis SK Kepanitiaan PMB kepada Ketua Panitia PMB, Ahmad Jauhari, S.Sos. MM, Kamis (02/12/2022)

Pelantikan Panitia PMB dan Pembukaan PMB yang dilaksanakan di Ruang Rapat VIP di Lantai 3 Gedung Kantor Pusat UNISKA mengawali pekerjaan dari panitia PMB UNISKA Kediri. Panitia PMB UNISKA Kediri sendiri bertugas dalam melayani para calon mahasiswa baru dalam melakukan pendaftaran, mulai dari proses administrasi hingga tes-nya.

Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa, M.Si menyampaikan bahwa pendaftaran di tahun 2021 yang lalu mengalami peningkatan jumlah animo pendaftar sebesar 16 persen, dengan angka 1500 pendaftar. Menurutnya, beberapa faktor pendorong kenaikan angka tersebut adalah Kualitas SDM UNISKA, Akreditasi Institusi dengan predikat baik dan Realita masyarakat dalam mengarahkan anaknya untuk mengambil studi lanjut di tempat yang dekat dengan rumah, karena akan menghemat biaya dan aman selama kondisi pandemi covid berlangsung. Melihat hal tersebut, dia berharap tahun ini peminat untuk mendaftar ke UNISKA Kediri minimal sama dengan tahun sebelumnya, bahkan meningkat ke angka 1700 pendaftar. Hal tersebut karena tingkat perekonomian orang tua sebagai indikator pacu anak melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi sudah perlahan membaik dan stabil. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana banyak calon mahasiswa untuk bekerja terebih dahulu daripada mengambil studi lanjut dikarenakan perekonomian keluarga yang turun selama pandemi.

Kemudian berkenaan dengan sistem One Day Service (ODS) yang digunakan oleh UNISKA Kediri dalam menyaring mahasiswa baru merupakan sebuah keunggulan yang dimiliki UNISKA Kediri. Melalui sistem tersebut, hasil penerimaan mahasiswa baru dapat menjadi lebih efisien dari sisi waktu, tranparan, dan terjamin kualitas mutunya.

“Di UNISKA Kediri mulai pendaftaran mahasiswa baru sampai lulus sudah berbasis online. Ini dapat memberikan justifikasi pada khalayak, UNISKA Kediri merupakan salah satu perguruan tinggi yang berkualitas dengan sistem yang sudah berbasis IT,” jelas Ali Maschan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PMB UNISKA Kediri, Ahmad Jauhari, S.Sos. MM. mengungkapkan, bahwa beberapa hari sebelumnya telah dilakukan audiensi ke salah satu sekolah yaitu SMAN 1 Blitar oleh Tim Kecil PMB. Hal tersebut harus menjadi penyemangat bagi Tim Audiensi PMB untuk sebanyak mungkin menjaring calon mahasiswa, sejelas mungkin dalam memberikan informasi terkait PMB di UNISKA Kediri. Dari audiensi yang telah dilakukan sebelumnya, diperoleh fakta bahwa animo siswa terhadap UNISKA cukup tinggi. Dan disampaikan pula bahwa secara resmi administratif, baik offline maupun online. Pendaftaran calon mahasiswa akan dimulai Januari 2022. Sedangkan sepanjang Desember 2021 ini masih akan digunakan untuk pemantapan dan persiapan ruangan PMB, namun jika ada calon mahasiswa yang mendaftar, panitia akan tetap layani dengan baik.

Menurut Jauhari, program studi (Prodi) yang paling diminati pada PMB tahun 2022 esok, diperkirakan hampir sama dibanding tahun-tahun sebelumnya. Prodi tertinggi peminat adalah Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi disusul kemudian Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian. “Pendaftar dihari pertama umumnya berasal dari sekitar kota kediri yang telah lebih dulu mengetahui informasi atau ada kerjasama mitra dengan guru BK dan kerjasama bentuk lainnya.”

Dia juga menambahkan bahwa panitia PMB UNISKA Kediri juga melayani pendaftaran di luar daerah menggunakan form daring. Salah satu dari mahasiswa baru tahun kemarin mengungkapkan alasa keinginan untuk masuk ke UNISKA Kediri yaitu karena UNISKA Kediri merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Wilayah Karesidenan Kediri. (ARH 2021)

Lampiran Foto : 

Video Terkait:


Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2022 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube