header-int

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H Uniska Kediri

Senin, 09 Mei 2022, 07:40:19 WIB - 902 View
Share

Segenap Sivitas Akademika Uniska Kediri

Mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H / 2022 M

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim

Mohon Maaf Lahir & Batin.

……..

JaJaran Foto Yang tampak Di Gambar :

Dari Kiri Kekanan

1. Dr. Drs. Ec. Eko Widodo., MM Wakil Rektor II

2. Dr. H. Naim Musyafik, S.Pd., M.Pd Wakil Rektor III

3. Prof. Dr. H. Ali Maschan Moesa., M.Si Rektor Uniska

4. H. Khayatudin, S.H., M.Hum Wakil Rektor IV

5. Dr. Supriyono., SP., MP Wakil Rektor I

 

SEKEDAR INFORMASI :

Idul fitri atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idulfitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

 

SEJARAH

Idul Fitri dicetuskan oleh Nabi Muhammad SAW. Menurut tradisi tertentu, festival ini dimulai di Madinah setelah migrasi Nabi Muhammad SAW dari Mekah. Anas, seorang sahabat nabi Islam yang terkenal, meriwayatkan bahwa, ketika Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah, ia menemukan orang-orang merayakan dua hari tertentu di mana mereka menghibur diri dengan rekreasi dan kegembiraan. Mendengar ini, Muhammad berkata bahwa Allah telah menetapkan dua hari perayaan: Idulfitri dan Iduladha

 

IBADAH DAN TRADISI PADA IDUL FITRI

Pada tanggal 1 Syawal, mulai berakhirnya puasa pada bulan Ramadan, kemudian merayakan Idulfitri. Awal pagi hari selalu dilaksanakan salat Idulfitri (salat Id), disunnahkan melaksanakan salat Id di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar). Sebelum salat Id dilakukan, imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat Idulfitri, baru membayar zakatnya hukumnya sedekah biasa bukan zakat. Adapun hukum dari salat Idulfitri ini adalah sunah muakad. Pada malam sebelum dan sesudah hari raya, umat muslim disunahkan mengumandangkan takbir.

 

Adapun ucapan yang disunahkan olehnya adalah Taqabbalallahu minna wa minkum ("Semoga Allah menerima amal kami dan kalian") atau Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik ("Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu" dan semisalnya.”)

Universitas Islam Kadiri Universitas Islam Kadiri adalah suatu universitas swasta yang merupakan unit Perguruan Tinggi yang pendirian serta pengelolaannya dilaksanakan oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP). Universitas Islam Kadiri didirikan pada tanggal 20 Juni 1983 oleh Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila. Berdirinya Universitas Islam Kadiri ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat.
© 2022 Universitas Islam Kadiri Follow Universitas Islam Kadiri : Facebook Twitter Linked Youtube